5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Merawat Miss V dan Mr. Happy

Apakah Anda sering mengalami keputihan atau gatal di area intim? Bisa jadi kebiasaan sehari-hari Anda dalam merawat alat kelamin menjadi penyebabnya. Tidak membersihkan area intim dengan benar, bisa menyebabkan munculnya kuman di bagian tubuh tersebut.

Masalah di area intim ini bukan hanya dialami wanita. Pria yang malas mengganti pakaian dalam juga dapat terkena gangguan kesehatan di alat kelaminnya karena tumbuhnya kuman. Yuk lakukan hal-hal sederhana berikut untuk merawat Miss V dan Mr. Happy:

1. Setiap buang air besar atau kecil, usahakan selalu mencuci bagian luar alat kelamin dengan air bersih. Cara membersihkannya, untuk wanita siram air dari belakang ke depan. Cara tersebut bertujuan untuk mencegah masuknya kuman-kuman yang berasal dari dubur ke vagina. Sedangkan untuk pria, cukup bersihkan dengan air bersih. 

Setelah dibersihkan dengan air, jangan lupa mengeringkannya dengan tisu atau kain yang bersih agar alat kelamin tidak dalam keadaan lembap. Keadaan lembap tersebut bisa mendatangkan bakteri. 

Bagaimana jika harus buang air kecil di toilet umum yang tidak menyediakan tisu? Kendala tersebut bisa diatasi dengan selalu sedia tisu basah khusus untuk daerah kewanitaan. Tapi jangan sering-sering menggunakannya karena bisa membunuh "bakteri baik" yang sebenarnya berguna untuk menjaga kesehatan Miss V. Selain penggunaan tisu basah, sabun khusus daerah kewanitaan yang beredar di pasaran sebaiknya juga jangan sering-sering digunakan. Usahakan mencuci Miss V hanya dengan dengan air bersih. Jika ingin menggunakan sabun, pakailah sabun yang tidak ada kandungan parfumnya.

Ketika Anda baik pria maupun wanita malas mengeringkan alat kelamin setelah mencucinya dengan air, waspadai munculnya masalah yang membuat tidak nyaman. Jika alat kelamin tidak dibersihkan dengan air ataupun tisu, kuman-kuman akan muncul. Kalau sudah ada kuman, biasanya akan timbul rasa gatal dan sedikit rasa sakit. 

2. Cara lain yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan kelamin adalah dengan memperhatikan kebersihan pakaian dalam. Dalam satu hari, minimal Anda mengganti pakaian dua kali. Jika sudah merasa tidak nyaman, basah karena keringat misalnya, sebaiknya cepat-cepat ganti pakaian dalam agar tidak menimbulkan kuman.

Kebiasaan malas mengganti pakaian dalam ini umumnya dilakukan para pria, terutama yang suka menginap atau travelling. Sebaiknya ubah kebiasaan buruk tersebut karena nantinya bukan tidak mungkin jamur tumbuh sehingga menyebabkan rasa gatal di Mr. Happy dan area sekitarnya.

3. Untuk merawat area intim, perhatikan juga pemilihan bahan underwear. Sebaiknya pilih bahan celana dalam yang menyerap keringat seperti katun. Kalau ingin memakai underwear berbahan satin, sebaiknya jangan terlalu sering. Meskipun teksturnya lembut, satin tidak menyerap keringat dengan sempurna. Sementara bahan lace yang cenderung kasar bisa melukai dan membuat vagina iritasi. 

4. Rambut yang tumbuh di alat kelamin, baik pria maupun wanita sebaiknya harus rajin dicukur. Kalau Anda malas mencukurnya, rambut-rambut itu bisa jadi sarang kutu dan jamur. Akibatnya kalau jamur itu sudah bersarang di sana, Anda bisa terserang gatal-gatal di daerah sensitif tersebut. Tapi kalaupun dicukur, jangan sampai habis karena rambut-rambut itu punya fungsi untuk kesehatan alat kelamin. Rambut tersebut berguna untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik yang akan membantumelawan bakteri jahat.

5. Khusus untuk wanita, jangan malas untuk ganti pembalut. Hal itu karena pada saat menstruasi keadaan alat kelamin sedang sangat sensitif sehingga kuman-kuman bisa lebih mudah masuk dan menyebabkan penyakit kelamin. Agar terhindar dari hal tersebut usahakan ganti setiap empat jam sekali atau 2-3 kali sehari. Atau, ganti saat Anda sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi pembalut yang sedang dipakai.

sumber : wolipop

** Untuk mengatasi untuk wanita pakailah tdm dan pria pake foredi