Awali Hari dengan Makan Buah

Indonesia kaya akan ragam kuliner tradisional. Setiap daerah memiliki ciri khas makanan tersendiri untuk menu harian ataupun untuk menu acara-acara besar dan pesta adat. Di dalam ragam kuliner Indonesia sering disisipkan buah-buahan sebagai makanan tambahan atau penutup. Kebiasaan menempatkan porsi buah sebagai menu penutup atau sekedar tambahan kadangkala membuat sebagian orang berpikir bahwa buah-buahan tidak terlalu penting dan lebih sering melupakannya, apalagi bila perut telah kenyang oleh makanan menu utama. Sayang sekali kalau hal ini sering terjadi pada Frutarian. Jangan pernah lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan sebab makanan kaya akanserat ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan manusia.
Lalu bagaimana cara agar buah-buahan tidak terlupakan dalam menu harian Frutarian? Caranya mudah saja lho, mulailah dengan mengkonsumsinya di pagi hari. Hapuskan pandangan bahwa makan buah-buahan di pagi hari akan membuat sakit perut. Pagi hari adalah waktu pembuangan bagi sistem pencernaan manusia. Justru dengan mengkonsumsi buah-buahan di pagi hari akan memudahkan pekerjaan sistem pencernaan Frutarian lho. Kandungan gula dalam buah-buahan dapat dengan cepat memberikan tenaga untuk tubuh manusia. Komposisinya yang ringan tidak membuat saluran pencernaan Frutarian bekerja keras dan yang pada saat bersamaan harus melakukan pekerjaan pembuangan pagi hari.
Pagi sudah berlalu, waktu makan siang belum datang tetapi perut sudah lapar? Tunggu dulu, jangan buru-buru membeli gorengan atau memesan makanan siap antar. Lebih baik makan buah-buahan atau minum jus yang dapat membuat tubuh tetap segar sehingga bisa terus beraktivitas sampai siang. Nah, ketika jam makan siang tiba jangan lupa untuk mengawalinya dengan makan buah-buahan. Hal ini penting agar Frutarian tidak kalap melahap semua menu siang sampai kekenyangan yang dapat menyebabkan kantuk setelah makan. Mengonsumsi buah atau minum jus di sore dan malam hari pun sama bagusnya untuk tubuh Frutarian lho.
Lihat, betapa mudahnya memasukkan buah-buahan dalam menu harian kita. Hal yang perlu diingat adalah sebaiknya bedakan buah-buahan yang dikonsumsi pada pagi, siang, dan sore atau malam hari agar kandungan vitamin dalam tiap buah yang berbeda bisa Frutarian dapatkan dan supaya tidak cepat bosan. Jadi, Frutarian mau makan buah-buahan apa saja besok?


Source link:
W. Gunawan, Andang. Food Combining Kombinasi Makanan Serasi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999
http://www.nutrition.com.sg/do/dotips.asp