Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Haid

Ketika menstruasi, kondisi tubuh wanita biasanya akan menurun. Wanita cenderung mudah lelah karena kehilangan sebagian mineral serta nutrisi lebih banyak berkurang, akibat keluarnya darah menstruasi. Agar tubuh tetap sehat dan mood juga stabil, wanita disarankan mengasup lebih banyak nutrisi selama periode haid. Berikut ini beberapa makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi saat datang bulan.

1. Kedelai
Masukkan sedikitnya satu jenis makanan berkalsium tinggi dalam daftar diet harian Anda. Kalsium pada susu kedelai atau tahu lebih baik dibandingkan susu full cream, selain sehat juga tidak membuat gemuk. Makanan kaya kalsium membuat tulang kuat dan memberi tambahan energi saat darah banyak berkurang karena menstruasi.

2. Gandum & Sayur
Nasi merah, gandum utuh dan sayuran segar kaya akan serat yang membuat perut kenyang lebih lama tanpa membuatnya terasa kembung dan penuh. Di samping itu, karbohidrat kompleks membantu mengurangi penumpukan air yang berlebihan pada tubuh.

3. Air Putih
Saat haid, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Jangan beranggapan kalau minum banyak air bisa menambah penumpukan cairan dalam tubuh. Mencukupi asupan air justru solusi yang baik untuk mencegah perut kram dan dehidrasi. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.

4. Buah dan Biji-bijian
Jenis mineral seperti potassium juga membantu mengurangi penumpukan cairan. Jeruk, pisang dan nanas merupakan buah yang kaya akan jenis mineral ini. Konsumsi juga cukup magnesium yang terdapat dalam biji-bijian dan kacang untuk mengurangi tubuh yang terasa 'bengkak'.

5. Protein
Protein memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktivitas seharian saat haid. Dapatkan asupan protein sehat dari telur putih rebus, dada ayam tanpa lemak dan susu rendah lemak.

6. Kacang
Wanita akan kehilangan banyak darah selama menstruasi, untuk itu sangat penting mencukupi asupan zat besi. Konsumsilah dalam jumlah yang cukup. Makanan ini kaya akan zat besi. Jika Anda seorang vegetarian, zat besi bisa didapat dari bayam, buah kurma dan kacang-kacangan.


untuk memelihara area sensitif anda gunakan TDM

sumber : wolipop