Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Wajah Berjerawat dan Solusi Mengatasinya

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit paling tidak disukai wanita. Beberapa orang bahkan terus ditumbuhi jerawat meski sudah ‎pakai produk anti-acne. Penyebabnya memang bisa beragam, mulai dari masalah hormon atau gaya hidup. Selain itu, jerawat pun bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang terlihat sepele. Agar Anda selalu terhindar dari jerawat, simak kelima kebiasaan tersebut serta solusi mengatasinya yang dirangkum Wolipop dari beberapa sumber:

1.‎ Handphone Tidak Higienis
Handphone menjadi be‎nda yang wajib dibawa kemana pun kita pergi. Hampir setiap saat gadget ini pun kita sentuh dengan tangan yang belum tentu bersih. Alhasil, ponsel jadi rentan kuman. Saat dikenakan untuk menelepon, handphone yang penuh bakteri menempel di wajah dan dapat menyebabkan jerawat.

Solusi:
‎Saat sedang tidak banyak memakai handphone, sempatkan waktu untuk menyelapnya. Gunakan tissue anti bakteria yang tersedia di pasaran. 

2. Sampo Setelah Cuci Muka
Kebiasaan sehari-hari lain yang bisa‎ sebabkan jerawat adalah membersihkan rambut dengan sampo di ujung rutinitas mandi. Keramas setelah cuci muka bisa memicu jerawat karena bahan kimia pada sampo bisa menempel pada wajah dan menyebabkan gatal serta alergi.

Solusi:
Terutama bagi Anda yang alergi bahan kimia atau pemilik kulit sensitif, usahakan selalu mencuci muka setelah keramas. Langkah ini akan membersihkan segala bahan kimia yang buka untuk wajah menempel dan menyebabkan jerawat pasa wajah.

3. Makanan Berminyak‎ dan Manis
Makanan dengan kandungan minyak dan gula yang banyak sudah diketahui banyak orang sebagai pemicu jerawat. Selain gorengan, makanan seperti pizza juga patut diwaspadai. Jauhi pula cemilan manis seperti kue atau permen jika tengah ingin menghindari jerawat saat acara-acara penting. 

Solusi:
Makanan-makanan di atas kadang sulit dihindari, terlebih jika Anda tengah menghadiri pesta atau perayaan besar. Untuk itu, seimbangkan pola makan dengan mengkonsumsi asupan kaya serat. Perbanyaklah buah-buahan atau ‎kacang-kacangan. Serat akan memperlambat kerja gula dalam menimbulkan jerawat

4. Pengelupasan Berlebihan
‎Para wanita sering tidak menyadari bahwa perawatan kulit mereka kerap berlebihan. Seperti menggunakan produk pengelupasan kulit terlalu sering. Selain akan membuat kulit menipis, hal ini pun dapat memicu jerawat karena minyak alami kulit yang berfungsi menyehatkan wajah tidak tersedia.

Solusi:
Lakukan pengelupasan ringan namun teratur. ‎Sebaiknya dilakukan tidak lebih dari tiga kali seminggu. Jika kulit tergolong sensitif, pengelupasan bisa dilakukan seminggu sekali saja.

5. Gonta-ganti Skin Care
‎Terkadang kita sering tergoda mencoba produk-produk kecantikan terbaru. Terlebih jika ada teman atau review yang merekomendasikan. Hal ini sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering. 

Solusi:
Mengeksplorasi make up memang tidak ada salahnya namun usahakan untuk tetap setia pada rangkaian perawatan kulit yang sama. Jika produk kecantikan saat ini sudah cocok, mengapa harus berganti yang lain? Lagi pula, kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Jika sebuah produk cocok untuk seseorang belum tentu sesuai untuk orang lainnya.




sumber : wolipop