Madu Efektif untuk Hilangkan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Madu banyak dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan batuk dan biasanya diminum sebelum tidur. Penggunaan madu untuk menyembuhkan batuk biasanya lebih banyak diterapkan pada anak-anak karena rasanya yang manis sehingga lebih mudah diminum.

Benarkah madu efektif meredakan batuk, khususnya pada anak-anak? World Health Organisation dan American Academy Pediatrics sama-sama menyatakan kalau madu memang bisa membantu menghilangkan batuk. 

Dr Ronald McCoy dari Royal Australian College of General mengatakan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan memberikan satu sendok makan penuh madu setiap beberapa jam sekali bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan. Efektivitas madu akan lebih terasa pada anak kecil ketimbang orang dewasa.

"The World Health Organisation merekomendasikan madu untuk redakan batuk pada penderita di negara-negara berkembang, dimana akses untuk mendapatkan pengobatan masih terbatas. Jadi meskipun buktinya belum cukup kuat, tetap ada efek menyembuhkan terutama pada anak kecil," ujar Dr Ronald seperti dikutip dari ABC Australia. 

Pendapat tersebut diperkuat dengan hasil studi di Amerika yang menunjukkan bahwa madu bisa menyembuhkan radang tenggorokan dan batuk lebih baik ketimbang obat alami lainnya, atau obat batuk yang mengandung ekstrak madu. Dalam studi lainnya yang dilakukan pada 2012 kepada 300 anak kecil menunjukkan bahwa madu jauh lebih efektif ketimbang pengobatan biasa yang berbahan herbal.

Namun sejumlah penelitian yang telah dilakukan belum menunjukkan kalau madu sama efektifnya jika diberikan kepada orang dewasa. Mungkin dosisnya perlu ditambah atau dikombinasikan dengan obat lainnya.

"Orang dewasa akan memerlukan dosis yang lebih tinggi dan frekuensi pemberikan yang lebih sering. Saya akan menyarankan untuk minum madu dicampur air lemon daripada mengonsumsinya langsung dari sendok," ujar spesialis pernapasan dan gangguan tidur Professor Anne Chang.

Madu memang sejak dulu dipercaya sebagai bahan penyembuh alami yang cenderung aman. Madu mengandung lebih dari 181 nutrisi dan zat antioksidan, serta berkhasiat sebagai antimikroba. Itulah sebabnya madu cukup efektif meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Selain itu madu juga bisa melapisi tenggorokan dan memicu mekanisme tenggorokan saat menelan sehingga mengurangi rasa sakit.

Sumber : wolipop