Pelihara Kesehatan Usus Dengan Serat

Gangguan Pencernaan bisa dialami setiap orang. seperti diare, kembung, susah buang air besar (bab), infeksi usus, hingga kanker usus besar yang menyebabkan kematian. gaya hidup serba instan, termasuk dalam pola makan, menjadi pemicu meningkatnya kasus kanker usus besar di masyarakat perkotaan. bahkan menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di dunia.salah satu caranya adalah menjaga kesehatan pencernaan, terutama di usus besar.
Proses pencernaan pada manusia tidak selamanya lancar. ada saja gangguan, terutama pada usus dan lambung. salah satu cara melancarkan pencernaan adalah dengan cukup konsumsi serat. zat ini tak mudah dicerna sehingga dapat meningkatkan gerak peristaltik pada usus.di dalam usus besar juga terjadi pengaturan air terhadap ampas makanan.
Jika terjadi infeksi, usus besar hanya menyerap cairan sebentar saja. itulah mengapa terjadi diare. sebaliknya, jika ampas terlalu lama, cairan akan terserap habis sehingga ampas mengeras dan menyebabkan sulit bab. jika mengendap cukup lama dalam usus, ampas dianggap membahayakan. apalagi jika terdapat polip dalam usus yang berujung pada kanker usus besar. oleh karenanya, serat berperan positif “menyeret” ampas keluar dari usus.meskipun penyebabnya
belum pasti, para ahli sepakat beberapa penyebab kanker usus di antaranya adalah diet yang salah (terlalu banyak lemak, rendah serat), obesitas, memiliki polip pada usus, memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker usus besar, jarang melakukan aktivitas fisik, sering mengonsumsi bahan pengawet, dan merokok.jadi kuncinya adalah pola hidup
sehat dan konsumsi seimbang. serat dan vitamin C merupakan perpaduan yang cocok untuk mengantipasi ancaman penyakit ini. pepaya kaya vitamin C dan betakaroten yang merupakan sumber antioksidan yang baik. kandungan serat halus sehingga baik dikonsumsi oleh anak anak hingga dewasa. yayasan kanken internasional (1997), menyebutkan manfaat vitamin C dan betakaroten dalam pepaya baik untuk membantu pencegah kanker.




TIPS  JAGA  KESEHATAN  USUS  BESAR

Tips Jaga Kesehatan Usus Besar

KEHADIRAN  Usus Besar dalam tubuh kita memang sangatlah penting. Usus besar merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan kita yang memiliki banyak fungsi. Karena penting bagi tubuh, ada baiknya kita berupaya menjaga kesehatan usus besar.

Fungsi usus besar dalam tubuh kita yaitu:
1. Tempat mengumpulkan sisa makanan yang kemudian akan dibuang melalui anus.
2. Tempat mengabsorbsi air dan beberapa mineral.
3. Tempat pertumbuhan bakteri yang mampu membentuk beberapa jenis vitamin yaitu vitamin B dan K yang kemudian diabsorbsi oleh tubuh.

Bila fungsi usus tidak seimbang, akan menimbulkan penumpukan racun yang akan masuk ke sistem peredaran darah dan limfatik lalu tersebar ke seluruh tubuh kita dan menimbulkan penyakit. Apa saja yang mesti dilakukan untuk menjaga kesehatan usus?
1. Terapkanlah pola makan dengan banyak serat. Jumlah asupan serat yang dianjurkan adalah 30-35 gram per harinya. Dengan makan makanan yang mengandung banyak serat, kesehatan pencernaan pun akan terjaga.
2. Hindari makanan yang mengandung zat pengawet, zat pewarna, atau penyedap seperti makanan kaleng.
3. Batasi meminum minuman produk serat alami yang banyak beredar.

4. Minumlah banyak air putih.




Sumber : healty72