5 Cara Mengatasi Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur.

Stress berlebihan tak jarang membuat seseorang mengalami gangguan tidur saat malam. Banyak hal yang tengah dipikirkan membuatnya sulit tidur bahkan terjaga semalaman. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas di siang hari karena tubuh menjadi lelah dan mengantuk. Tak hanya itu, kurang tidur pun dapat mempengaruhi kesehatan yang membuat penderita jadi mudah jatuh sakit. Lalu adakah cara mudah untuk membebaskan beban pikiran ketika akan tidur? Simak lima tipsnya berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Lavender
Salah satu cara termudah untuk menenangkan diri ketika akan beristirahat adalah dengan memasang wewangian aromatik. Lavender dipercaya menjadi aroma yang tepat untuk membuat Anda lebih tenang sehingga cepat tidur. Beberapa studi pun telah membuktikan bahwa wangi bunga tersebut handal dalam merileksasi tubuh serta membantu mengatasi insomnia.

2. Lakukan Relaksasi
Agar pikiran tidak tegang, lakukanlah gerakan-gerakan yang merelaksasi, seperti meditasi atau olahraga yoga. Mempraktekan teknik-teknik relaksasi sebelum tidur dapat meredakan banyaknya pikiran yang tengah berkecamuk. ‎Agar hasil lebih maksimal, pasang aroma terapi lavender saat melakukannnya.

3. Corat-coret
Terus terpikir tentang masalah-masalah yang sedang dihadapi? Lepaskan semua beban pikiran itu dengan menulis. Mencurahkan perasaan dengan menuliskannya pada jurnal atau diary adalah cara yang ampuh agar persoalan tak melulu terpikirkan.

Masih saja sulit melupakan masalah? Agar semua pikiran serasa menghilang, Anda bisa menuliskan semua masalah dan peristiwa buruk pada sebuah kertas. Lalu buang kertas tersebut di tempat sampah. Penelitian menunjukkan bahwa langkah ini dapat menghapus segala kekhawatiran dan pikiran negatif.

4. Latihan Pernapasan
Berolahraga adalah salah satu alternatif kegiatan demi melepas stress. Namun jika Anda bukan seseorang yang suka olahraga, ada sebuah cara mudah untuk menggantikannya. Yakni dengan menghirup nafas dalam-dalam dan memhembuskannya secara perlahan. Langkah berikut juga dipercaya bisa mengaktifkan sistem parasimpatis tenang alami dalam tubuh.

5. Temui Terapis
Jika gangguan tidur tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera menemui seorang ahli. Minum obat tidur memang bisa menjadi jalan pintas pengobatan yang cepat. Namun akan lebih baik jika Anda mencari tahu penyebab dan penyembuhan pasti dengan mengunjungi terapis.
HIRVERO
DEPKES RI No. P-IRT 2133202050902-18 



Sumber : wolipop