Jus Buah dan Sayur Membuat Tidur Nyenyak, Kulit pun Indah


Minum jus sedikitnya sekali sehari bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan hidup, apabila dibuat dengan cara yang benar. Jus yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran gula dan dengan kombinasi yang tepat akan memberikan banyak keuntungan bagi tubuh mulai dari menghilangkan nyeri pasca olahraga hingga menghaluskan kulit.


Jus sehat yang benar adalah jus yang tidak disaring sehingga manfaat serat dan nutrisinya masih utuh serta tidak menggunakan banyak gula dan tambahan lainnya seperti susu kental manis atau krim. Madeleine Shaw, seorang pakar nutrisi dan kesehatan asal Inggris menjelaskan berbagai manfaat jus sayur dan buah, untuk berbagai kebutuhan harian.



1. Jus Sebelum Olahraga
Madeleine menyarankan untuk menyampurkan wortel, buah bit, parsley serta jahe untuk diminum sebelum berolahraga agar tubuh lebih berenergi. Wortel yang kaya akan beta-karoten akan melindungi tubuh agar tak mudah cedera dan meningkatkan kadar oksigen di dalam darah, jaringan tubuh serta otak sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan saat fitnes bisa maksimal. Napas Anda pun tak mudah terengah-engah ketika melakukan olahraga intens.



2. Jus Setelah Olahraga
Setelah olahraga, Anda perlu memulihkan tubuh dengan jus dari campuran ketimun, selada air dan air kelapa. Jus ini sangat baik untuk pemulihan otot pasca olahraga. Saat melakukan aktivitas berat seperti fitnes, otot 'dipaksa' untuk bergerak dan memanjang dari biasanya. Itulah yang menyebabkan tubuh kerap terasa sakit setelahnya. Madeleine menjelaskan, air kelapa kaya akan potassium serta mineral yang bisa menggantikan cairan elektrolit yang hilang saat olahraga. Sementara selada air dan ketimun membantu memulihkan tenaga. Untuk rasa yan lebih enak, campurkan juga satu buah pir dan lemon ke dalam jus.



3. Menghaluskan Kulit
Untuk menghaluskan kulit dan mencegah jerawat, minumlah jus dari campuran jeruk nipis, seledri, apel, ketimun, bayam serta lettuce. Jeruk nipis akan membuat kulit memancarkan kilau sehatnya. Jus ini juga menyegarkan kulit, melindungi dari infeksi dan menjaga kemudaannya berkat kandungan vitamin C danflavonoid yang berperan sebagai antioksidan.



4. Mencegah Lemas
Saat sore hari sekitar pukul 15:00 atau 16:00, tubuh seringkali merasa lemas dan mengantuk yang bisa memengaruhi produktivitas kerja di kantor. Madeleine pun punya resep jus yang akan membuat Anda segar dan semangat kembali untuk bekerja. Seperti dikutip dari Female First, campuran bayam, lettuce, mentimun, seledri, lemon, apel, jahe dan bubuk kayu manis bisa menyegarkan kembali otak dan tubuh yang lemas. Bahan-bahan tersebut terutama kayu manis mampu menjaga gula darah tetap seimbang sehingga tidak ada lonjakan maupun penurunan yang ekstrem pada tubuh. Seperti diketahui, gula darah yang terlalu rendah akan menyebabkan tubuh lemas dan mengantuk. Jadi minumlah jus energi ini menjelang sore.



5. Tidur Nyenyak
Selalu merasa kesulitan tidur di malam hari? Maka Anda perlu minum jus cherry dan stroberi. Jus segar ini bisa membantu tidur Anda lebih nyenyak dan tubuh segar saat bangun di pagi harinya. Seperti dikutip dari Daily Mail, berdasarkan hasil penelitian dari Louisiana State University, minum jus cherry dua kali sehari selama dua minggu membantu menambah jam tidur hingga 90 menit lebih lama pada orang yang menderita insomnia. Bagi Anda yang hanya mengalami gangguan tidur ringan, cukup minum segelas jus cherry dan stroberi sebelum tidur.



Cherry mengandung melatonin, zat yang membantu mengatur siklus tidur manusia. proanthocyanidins, zat yang memberi pigmen warna merah rubi pada cherry juga cukup berperan membuat Anda lebih mudah terlelap. Zat ini membantu meningkatkan kadar tryptophan, asam amino esensial yang memicu produksi serotonin agar tidur lebih nyenyak.


Sumber : Wolypop


Fiforlif melancarkan pencernakan anda. lebih lanjut klik gambar