Fakta Menarik Tentang Kondom

Bagi sebagian besar orang, kondom mungkin hanyalah salah satu bentuk alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau kondom sudah diciptakan lebih dari puluhan ribu tahun lalu, dan kondom pertama di dunia terbuat dari kulit hewan. Ini sejumlah fakta menarik tentang kondom yang belum tentu Anda tahu, dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Bukan Penemuan Zaman Modern
Kondom bukanlah 'barang baru' tapi sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Penampakan kondom pertama di dunia terdapat dalam lukisan batu pada gua di Grotte des Combarrelles, Prancis, Paris. Lukisan dalam gua tersebut diperkirakan sudah berusia 12.000 hingga 15.000 tahun.

2. Hanya Dipakai di Bagian Kulup
Di abad ke-15, kondom tidak dikenakan di seluruh bagian penis. Pada waktu itu para pria di China memakai kondom yang terbuat dari kertas sutera hanya menutupi bagian kulup penis. Sementara pria di Jepang menggunakan kondom dari tempurung kura-kura.

3. Eksperimen Ekstrem
Pakar anatomi tubuh dan dokter terkenal di abad 16, Gabriele Fallopio melakukan percobaan ekstrem untuk menguji kualitas kondom. Gabriele menciptakan kondom yang direndam dalam larutan kimia, kemudian dibiarkan mengering dan diikatkan ke penis menggunakan pita. Ia lalu mengujicobakan kondom tersebut terhadap 1.100 pria yang melakukan hubungan seks dengan wanita terinfeksi penyakit sifilis. Gabriele mengklaim, dari percobaan itu tidak ada satu pun partisipan yang terjangkit penyakit kelamin tersebut.  

4. Kondom Punya Daya Tampung Besar
Jika tidak digunakan, kondom bisa menampung hingga satu galon cairan. Hal itu untuk membuktikan bahwa material kondom cukup elastis dan bisa menahan berapa pun banyaknya cairan semen/sperma yang keluar. Tentu saja, cairan sperma pria tidak akan keluar hingga sebanyak satu galon air mineral. 

5. Pemakaian Kondom Skala Besar Pertama
Pada abad 19, kemiliteran Jerman menjadi institusi pertama yang menyosialisasikan pemakaian kondom di antara para anggotanya. Setelah abad 20, giliran angkatan darat Amerika yang diwajibkan mengikuti aturan memakai kondom. Berkat peraturan tersebut, jumlah penularan penyakit menular seksual berkurang secara signifikan.

6. Banyak Orang Tidak Tahu Cara Pakai Kondom
Memakai kondom mungkin dianggap perkara mudah. Tapi kenyataannya masih banyak pria yang tidak yakin atau bingung bagaimana memakai kondom yang benar. Kata-kata seperti, 'bisakah kondom dipakai ulang' banyak dicari di Google, sekitar 130 ribu pencarian. Selain itu juga penyebab nomor satu alat kontrasepsi gagal berfungsi adalah pemakaian kondom yang salah.

Sumber : Wolipop 


http://www.kutaforedi.com/2014/01/foredi.html